Pertemuan 5 Evolusi E-Business

Evolusi E-Business

Ada 4 tahapan evolusi yang dipergunakan sebagai bahan pijakan yaitu:
1. channel Enhancement

2. Value-Chaon Integration

3. Industry Transformation

4. Convergence

SPADA_REST-40: 2B: Evolusi E-Business di Dunia Maya

1. Channel Enhancement
Perusahaan konvensional yang ingin memanfaatkan internet dapat memulai dengan mempergunakan teknologi informasi sebagai kanal tambahan dan alternatif dalam menghubungkan perusahaan dengan para pelangganya.

2. Value-Chain Integration
Menurut Michael Porter, value chain(rantai nilai) merupakan rangkaian proses atau aktivitas perubahan bahan mentah menjadi produk jadi. Karena bahan mentah yang dibutuhkan oleh perusahaan pada dasarnya merupakan output atau produk dari rangkaian rantai nilai
perusahaan lain sebagai pemasoknya, maka pengintegrasian kedua rantai nilai ini akan semakin meningkatnya efesiensi dan efektivitas proses penciptaan produk secara keseluruhan.
 

3. Industry Transformation
Transformasi industri terjadi sebagai hasil dari perusahaan yang telah menyadari benar kekuatanya dan dapat memanfaatkan peluang e-bisnis yang akan ditawarkan oleh internet dan dunia maya. Tidak sedikit perusahaan yang pada akhirnya harus menggantu core bisnisnya
setelah melihat kekuatan utama yang dimilikinya (core competencies) dan tingginya kompetisi di industri terkait.
 

4. Convergence
Kovergensi antara lebih dari satu industri terjadi karena dengan adanya internet, perusahaan dapat secara mudah berkolaborasian berkooperasi untuk menciptakan produk-produk baru yang tidak mungkin dapat diciptakantanpa adanya kerja sama tersebut.
 

Alasan Evolusi

1. Sangat berhati-hati
2. Resiko lebih kecil

3. Benar-benar memberikan value kepada konsumen

Diagram Relasi E-Business

Pada dunia nyata, e-business bermula dari paket-paket aplikasi yang berisfat fungsional sedangkan pada dunia maya beragam aplikasi ebusiness dibangun berdasarkan paradigma proses(business process). Jika dilihat dari rangkaian business process yang seringkasi ditemukan diperusahaan, dari arah hulu menuju ke hilir, aplikasi e-business dapat di katagorikan menjadi 4 jenis 

Jenis Jenis E-Business

  • Business to Business (B2B) :

B2B atau Business to Business merupakan penjualan produk atau jasa yang diberikan oleh satu bisnis dan diperuntukan untuk bisnis lainnya, bukan kepada konsumen.

  • Business to Customer (B2C) 

B2C atau Business to Customer merupakan bisnis yang melakukan pelayanan atau penjualan barang atau jasa kepada konsumen perorangan atau grup secara langsung. Dengan kata lain, bisnis jenis ini berhubungan langsung dengan konsumen bukan perusahaan atau bisnis lainnya.

  • Customer to Customer (C2C) 

Menurut Investopedia, C2C adalah model bisnis di mana customer atau pelanggan dapat saling menjual dagangannya kepada satu sama lain.

  • Customer to Business (C2B) 

Consumer-to-business adalah transaksi atau kegiatan pemasaran lainnya yang berasal dari konsumen dan diarahkan ke bisnis.

  • Business to government (B2G) 
Business to Government atau disingkat dengan B2G adalah model bisnis di mana perusahaan sektor swasta menyediakan layanan atau menjual produk kepada pemerintah atau lembaga pemerintah.

 
 



 

Komentar

Postingan Populer