Pertemuan 4 Strategi Dalam E-Business
Issu-Issu Dalam E-Business
Issu Penting
Teknologi hanya memegang peranan lebih kurang 1/3 bagian saja
Perusahaan e-bisnis harus memperhatikan2/3 bagianlainnya, organisasi, sdm, relasi, sistem manajerial dan strategi yang akan di terapkan
Persoalan e-bisnis buka sekedar penerapan TI dalam sistem bisnis tradisional tapi juga perubahan yang berjalan bersamaan
Perilaku Konsumen
Keingintahuan terhadap perkembangan atau trend baru
Keinginan untuk melakukan perbandingan
Keinginan untuk meneliti
Keinginan untuk menggunakan teknologi dalam memperoleh informasi produk dan melakukan transaksi secara efektif
Strategi E-Business
Beberapa kutipan makalah Fandy Tjiptono (2000) yang berjudul Elektronik Commerce: Three Emerging Strategies tentang model pembentukan e-Market
Seler controlled electronic marketplace
Buyer controlled electronic marketplace
Neutral electronic marketplace
Pembuatan Keputusan Konsumen E-Business
Pembuatan Keputusan Konsumen E-Business terdiri dari 2 Macam yaitu :
Pembuatan Keputusan Konsumen Secara Perorangan dan Pembuatan Keputusan Konsumen Secara Organisasi.
Pembuatan Keputusan Konsumen Secara Perorangan Meliputi :
Karakteristik Personal : Usia, Gender, Etnik Pendidikan, Pola Hidup, Psikologi, Pengetahuan, Nilai, Kepribadian
Karakteristik Lingkungan : Sosial, Komunitas, Keluarga
Keputusan Membeli : Beli atau tidak, Apa yang dibeli, Dimana, Kapan, Berapa banyaknya, Pembelian Uang
Sistem Kontrol Pemasok : Pendukung Logistik (Pembayaran Pengiriman), Pendukung Teknik (Design WEB, Intelligent Agent, Layanan Konsumen (FAQs, Email, Call Center, One to One)
Stimulasi : Pemasaran (Harga, Promos, Produk, Kualitas), Lain Lain (Ekonomi, Teknologi, Politik, Budaya)
Pembuatan Keputusan Konsumen Secara Organisasi Meliputi :
Karakteristik Personal : Usia, Gender, Etnik Pendidikan, Pola Hidup, Psikologi, Pengetahuan, Nilai, Kepribadian
Pengaruh Interpersonal : Otoritas, Status,Presuasi
Pengaruh Organisasi : Kebijakan dan Prosedur, Struktur Organisasi, Sentralisasi/Desentralisasi
Keputusan Membeli : Pendukung Logistik (Pembayaran Pengiriman), Pendukung Teknik (Design WEB, Intelligent Agent, Layanan Konsumen (FAQs, Email, Call Center, One to One)
Sistem Kontrol Pemasok : Pendukung Logistik (Pembayaran Pengiriman), Pendukung Teknik (Design WEB, Intelligent Agent, Layanan Konsumen (FAQs, Email, Call Center, One to One)
- Stimulasi : Pemasaran (Harga, Promos, Produk, Kualitas), Lain Lain (Ekonomi, Teknologi, Politik, Budaya)
Sensifitas Harga
Sensifitas Harga Terbagi menjadi 6 yaitu :
Nilai yang unik
Substitusi
Konsumen akan sangat peka terhadap pengeluaran total
Penyajian biaya
Harga
Persediaan produk sangat mempengaruhi elastisitas harga
Komentar
Posting Komentar