Pertemuan 4 Strategi Dalam E-Business

 Issu-Issu Dalam E-Business

Issu Penting

  1. Teknologi hanya memegang peranan lebih kurang 1/3 bagian saja

  2. Perusahaan e-bisnis harus memperhatikan2/3 bagianlainnya, organisasi, sdm, relasi, sistem manajerial dan strategi yang akan di terapkan

  3. Persoalan e-bisnis buka sekedar penerapan TI dalam sistem bisnis tradisional tapi juga perubahan yang berjalan bersamaan

Perilaku Konsumen

  1. Keingintahuan terhadap perkembangan atau trend baru

  2. Keinginan untuk melakukan perbandingan

  3. Keinginan untuk meneliti

  4. Keinginan untuk menggunakan teknologi dalam memperoleh informasi produk dan melakukan transaksi secara efektif

Strategi E-Business

Beberapa kutipan makalah Fandy Tjiptono (2000) yang berjudul Elektronik Commerce: Three Emerging Strategies tentang model pembentukan e-Market

  1. Seler controlled electronic marketplace

  2. Buyer controlled electronic marketplace

  3. Neutral electronic marketplace

Pembuatan Keputusan Konsumen E-Business

Pembuatan Keputusan Konsumen E-Business terdiri dari 2 Macam yaitu :

Pembuatan Keputusan Konsumen Secara Perorangan dan Pembuatan Keputusan Konsumen Secara Organisasi.

Pembuatan Keputusan Konsumen Secara Perorangan Meliputi :

  1. Karakteristik Personal : Usia, Gender, Etnik Pendidikan, Pola Hidup, Psikologi, Pengetahuan, Nilai, Kepribadian

  2. Karakteristik Lingkungan : Sosial, Komunitas, Keluarga

  3. Keputusan Membeli : Beli atau tidak, Apa yang dibeli, Dimana, Kapan, Berapa banyaknya, Pembelian Uang

  4. Sistem Kontrol Pemasok : Pendukung Logistik (Pembayaran Pengiriman), Pendukung Teknik (Design WEB, Intelligent Agent, Layanan Konsumen (FAQs, Email, Call Center, One to One)

  5. Stimulasi : Pemasaran (Harga, Promos, Produk, Kualitas), Lain Lain (Ekonomi, Teknologi, Politik, Budaya)

Pembuatan Keputusan Konsumen Secara Organisasi Meliputi :

  1. Karakteristik Personal : Usia, Gender, Etnik Pendidikan, Pola Hidup, Psikologi, Pengetahuan, Nilai, Kepribadian 

  2. Pengaruh Interpersonal : Otoritas, Status,Presuasi

  3. Pengaruh Organisasi : Kebijakan dan Prosedur, Struktur Organisasi, Sentralisasi/Desentralisasi  

  4. Keputusan Membeli : Pendukung Logistik (Pembayaran Pengiriman), Pendukung Teknik (Design WEB, Intelligent Agent, Layanan Konsumen (FAQs, Email, Call Center, One to One)

  5. Sistem Kontrol Pemasok : Pendukung Logistik (Pembayaran Pengiriman), Pendukung Teknik (Design WEB, Intelligent Agent, Layanan Konsumen (FAQs, Email, Call Center, One to One)

  6. Stimulasi : Pemasaran (Harga, Promos, Produk, Kualitas), Lain Lain (Ekonomi, Teknologi, Politik, Budaya) 

Sensifitas Harga

Sensifitas Harga Terbagi menjadi 6 yaitu : 

  1. Nilai yang unik

  2. Substitusi

  3. Konsumen akan sangat peka terhadap pengeluaran total

  4. Penyajian biaya

  5. Harga

  6. Persediaan produk sangat mempengaruhi elastisitas harga

 

Komentar

Postingan Populer