E-Business Pertemuan 1 Konsep Dasar E-Business
Ekonomi Digital
Ada 2 istilah untuk Ekonomi Digital yaitu E-Commerce dan E-Business
E-Commerce merupakan suatu aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan,
konsumen dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang , pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
E-Business merupakan kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi pembelian,penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi).
Pengenalan E-Business
Menurut Romney/ Steinbart :
e-business mengacu pada semua penggunaan kemajuan teknologi informasi (TI) khususnya teknologi jaringan dan komunikasi untuk memperbaiki cara-cara sebuah organisasi dalam melakukan seluruh proses-proses bisnis
Aplikasi E-Business
- ERP (Enterprise Resource Planning) adalah tulang belakang dari E-Bussiness. Dengan kata lain, ERP adalah
sistem operasi bisnis, setara dengan sistem operasi windows
untuk operasi back-office.
- CRM (Customer Relationship Management) kustomisasi dan personalisasi produk dan layanan secara
real-time berdasarkan kebiasaan beli, keinginan dan kebutuhan
konsumen.
- SCM (Supply Chain Management) sinkronisasi dan koordinasi aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan aliran material/produk, baik yang ada dalam satu organisasi maupun antar organisasi.
Capukan E-Business
Cakupan atau spektrum e-bisnis dapat sangat luas wilayahnya tergantung dari masing-masing sudut pandang orang yang melihat definisi dari kata “bisnis” itu sendiri
Untuk dapat menangkap dimensi ruang lingkup pengertian e-bisnis, cara yang sering digunakan adalah dengan menggunakan prinsip 4W yaitu What, Who, Where dan Why
Jenis Jenis E-Business
Ada beberapa jenis transaksi di dalam e-business ini, antara lain bisnis ke bisnis, bisnis ke konsumen, konsumen ke konsumen atau konsumen ke bisnis. Karena itu, istilah e-commerce dan e-business selalu dikaitkan.
1. E-Commerce Business to Business (B2B)
Transaksi e-commerce ini dilakukan oleh dua belah pihak yang sama-sama memiliki kepentingan bisnis..
2. E-commerce Business to Consumer (B2C)
Business to consumer dilakukan oleh pelaku bisnis dan konsumen.
3. E-commerce C2C (Konsumen Ke Konsumen)
Untuk C2C, traksaksi dilakukan oleh konsumen ke konsumen.
4. Consumen to Busines (C2B)
C2B adalah kebalikan B2C yang mana konsumen terakhir bertindak sebagai penjual dan perusahaan bertindak sebagai pembeli.
Komentar
Posting Komentar